like fb

Saturday 15 October 2011

Etika Belatih di Gym


Ada alasan mengapa kita harus memahami dan menyadari etika berlatih di gym. Etika ini penting untuk keamanan Anda dan orang lain sekaligus sebagai cara untuk menghormati keberadaan pengguna gym lain. Pada artikel bagian pertama telah disebutkan beberapa etika dalam berlatih di gym. Nah, berikut ini 8 etika gym dasar lainnya yang harus Anda ketahui:
  • Jangan mengumpat. Beberapa orang terkadang mengumpat saat tidak mampu mengangkat beban atau frustrasi saat berlatih. Anda mungkin tidak terganggu, tetapi mungkin orang yang mendengar umpatan Anda dapat tersinggung secara tidak langsung.
  • Modifikasi mesin. Jangan pernah mencoba memodifikasi mesin, selalu gunakan mesin apa adanya. Modifikasi mesin menyebabkan risiko cedera menjadi sangat tinggi baik bagi Anda maupun orang lain. Selain itu, perbuatan ini juga dapat merusak mesin.
  • Jangan merokok. Jangan pernah merokok di dalam gym, karena akan mengganggu pernasapan. Merokoklah diluar gym, tapi sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan merokok karena akan menurunkan performa latihan dan merugikan kesehatan.
  • Biasakan bertanya sebelum berlatih. Selalu bertanya dan memint izin sebelum Anda berlatih di suatu mesin latihan apabila ada seseorang yang berada di situ. Jika sudah diperbolehkan, sesuaikan beban angkatan dengan kekuatan Anda. Jika mereka tidak mengijinkan, tunggu sampai mereka selesai atau lakukan jenis latihan lainnya.
  • Perhatikan kenyamanan orang lain. Jangan memindahkan bench latihan terlalu dekat dengan bench orang lain. Karena ada beberapa jenis latihan yang memerlukan ruang lebih luas untuk melakukannya, selain itu, hal ini juga dapat mengganggu orang yang hendak berjalan.
  • Jangan menertawakan orang lain. Sangat dilarang menertawakan orang saat Anda melihat mereka tidak mampu mengangkat beban seperti Anda. Sebaiknya Anda memberikan motivasi, itupun apabila mereka meminta kritik dan saran dari Anda.
  • Berbagi tempat. Jika seseorang meminta Anda untuk berbagi dan bergantian menggunakan mesin latihan, berikan kesempatan pada mereka. Jika Anda tidak merasa nyaman berbagi tempat karena mereka menggunakan berat yang sangat berat, katakan secara baik-baik.
  • Jangan meludah. Ada beberapa orang yang cenderung menyemprot ludah ketika mengangkat beban, pastikan tidak ada orang di sekitar Anda.
Tips lain: Jangan memakai cologne atau parfum yang berlebihan saat berlatih di ke gym. Hal ini dapat sangat mengganggu terutama bagi mereka yang sedang bernafas terengah-engah.
Memang ada beberapa aturan dan etika gym yang tidak dicamtumkan. Ada baiknya bagi Anda untuk mengevaluasi diri dan sesekali melihat perilaku orang lain saat sedang berlatih, apa saja yang mereka lakukan dan apa saja yang tidak mereka lakukan dan jadikan itu sebagai pelajaran. Selamat berlatih!

No comments:

Post a Comment