like fb

Saturday 15 October 2011

Latihan Compound Untuk Massa Otot Maksimum



Tidak semua latihan beban sama dan Anda tentu tahu itu. Tapi dalam usaha untuk membangun otot secara maksimal, Anda harus melatih otot Anda semaksimal mungkin untuk merangsang pertumbuhan otot yang Anda inginkan. Dan untuk tujuan ini, Anda bisa lakukan latihan compound.
Latihan Compound vs Isolasi
Latihan compound akan menggerakkan tubuh melalui lebih dari satu gerakan sendi, sedangkan latihan isolasi hanya menggerakkan tubuh melalui gerakan satu sendi.
Mungkin latihan terbaik untuk menunjukkan perbedaan kedua latihan tersebut adalah barbell squat. Ada yang menyebut latihan ini sebagai raja dari semua latihan compound yang menggerakkan tubuh Anda menggunakan mayoritas kelompok otot Anda dan menekuk pergelangan kaki, lutut, pinggang, pinggul, dan sampai derajat tertentu, dan bahkan bahu Anda.
Bandingkan dengan latihan isolasi seperti leg extension, yang hanya menggerakkan tubuh Anda dengan menekuk satu sendi, yaitu lutut.
Jadi, yang mana lebih baik?
Untuk memberikan stimulasi otot secara lengkap, Anda harus memanfaatkan kedua jenis latihan ini. Bagaimanapun, jika Anda tujuan utama adalah untuk membentuk otot, Anda harus menggunakan latihan compound sebagai titik fokus utama dari program latihan beban Anda dan memasukkan latihan isolasi untuk melengkapi latihan Anda.
Latihan compound memungkinkan Anda untuk mengangkat beban lebih berat dan melatih lebih banyak kelompok ototpada saat yang sama dari latihan isolasi. Ini menghemat waktu berharga Anda di gym sementara merangsang serat otot Anda dalam jumlah maksimum.
Selain itu, latihan compound, karena terjadi peningkatan jumlah otot yang digunakan untuk gerakan latihan ini, lebih baik dalam mengirim pesan pada sistem endokrin Anda untuk mengeluarkan lebih banyak lagi hormon anabolikseperti testosteron dan hormon pertumbuhan.
Berikut adalah contoh latihan compound untuk membangun massa otot Anda secara maksimal
  • Kelompok Otot: Bahu
    Latihan Compound Target: Military Press, Hang Clean and Press, Arnold Press, Dumbbell Military Press
  • Kelompok Otot: Lengan
    Latihan Compound Target: Grip Chin Up (telapak tangan menghadap wajah), Dips, Close-Grip Pushup
  • Kelompok Otot: Kaki
    Latihan Compound Target: Barbell Squat, Deadlift, Lunges
  • Kelompok Otot: Punggung
    Latihan Compound Target: Chin-Up (telapak tangan menjauh dari wajah), Cable Pull-Down, Deadlift, Cable Row
  • Kelompok Otot: Dada
    Latihan Compound Target: Pushup, Dips, Bench Press, Incline Bench Press
Jadi, mulailah masukkan latihan compound ini untuk mendapatkan massa otot yang Anda inginkan dalam program latihan Anda. Selamat berlatih!

No comments:

Post a Comment